20
May 2009

Sejarah Internet – [2] Penemuan

Sejarah Internet – [2] Penemuan

posted in: Tutorial, Web & Internet

Sebuah rekaman tulisan yang menerangkan bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer, terdapat pada seri memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachuset Institut of Technology) pada bulan Agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut diuraikan tentang konsep “Galactic Network” dengan visi tentang sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat mengakses data dan program secara cepat dari tempat manapun. Semangat konsep tersebut sangat sesuai dengan internet yang ada hari ini. Licklider adalah pimpinan pertama riset program komputer dari proyek DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), yang dimulai bulan Oktober 1962. Selama di DARPA dia bekerjasama dengan Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan seorang peneliti MIT,  Lawrence G. Roberts.

pendiri

ambar 1.1 Tiga tokoh penting dalam sejarah awal Internet

Sumber: www.chick.net/wizards/pioneers.html

Pada bulan July 1961, Leonard Kleinrock di MIT mempublikasikan tulisanya berjudul “The first paper on packet switching theory“  dan “The first book on the subject” pada tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Roberts dalam teori kelayakan komunikasi mempergunakan sistem paket data dari pada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik. Teori ini merupakan cikal bakal adanya jaringan komputer. Langkah penting lainnnya adalah membuat komputer dapat berkomunikasi secara bersama-sama. Untuk membuktikan hal ini, pada tahun 1965, Roberts bekerja sama dengan Thomas Merrill,  menghubungkan komputer TX-2 yang ada di Massachutes dengan komputer Q-32 yang ada di California dengan mempergunakan sebuah saluran dial-up berkecepatan rendah. Ini merupakan jaringan komputer  jarak jauh pertama yang pernah dibuat untuk pertama kalinya meski dalam skala kecil. Hasil dari percobaan ini adalah bukti bahwa komputer-komputer tersebut dapat bekerja dengan baik, menjalankan program dan mengambil atau mengedit data seperti yang biasa dilakukan pada sebuah mesin dengan remote control, namun rangkaian switching sistem telepon kurang mendukung percobaan ini. Sistem telepon menggunakan circuit switcing. Hipotesis  Kleinrock tentang diperlukannya sebuah program packet switching terbukti.

Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumuskan rencananya untuk ARPANET (US Government’s Advanced Research Project Agency Network), yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada saat konferensi dimana dia harus mempresentasikan makalahnya tentang konsep paket dalam jaringan komputer. Dalam konferensi tersebut juga ada sebuah makalah yang berhubungan dengan konsep paket pada jaringan komputer dari Inggris yang ditulis oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury mengatakan pada Roberts tentang riset yang dilakukan NPL sebaik seperti yang dilakukan oleh Paul Baran dan lainnya di RAND. RAND group telah menulis sebuah makalah berjudul “paper on packet switching networks for secure voice” di lingkungan militer pada tahun 1964. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan bersamaan oleh kelompok peneliti MIT, NPL dan RAND. Sedangkan para penelitinya tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh kelompok peneliti lainnya. Kelompok peneliti MIT bekerja dalam kurun waktu 1961-1967, kelompok RAND bekerja dalam kurun waktu 1962-1965, dan kelompok NPL bekerja antara tahun 1964-1967. Kata paket telah diadopsi dari hasil kerja kelompok NPL dan diusulkan dipergunakan dalam saluran komunikasi data ARPANET, sehingga komunikasi data di dalam proyek ini diubah dari 2.4 kbps menjadi 50 kbps.

Dalam bulan Agustus tahun 1968, setelah Roberts dan penyandang dana proyek DARPA merevisi semua struktur dan spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ dirilis DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci, packet switching yang disebut Interface Message Processors (IMP’s). RFQ tersebut dalam bulan Desember 1968 dimenangkan oleh sebuah group yang dipimpin oleh Frank Heart dari Bolt Beranek and Newman (BBN). Sebagai tim dari BBN yang mengerjakan IMP’s, Bob Kahn memerankan peran utama dalam desain arsitektur ARPANET. Topologi dan ekonomi jaringan didesain dan dioptimasi oleh Roberts bersama Howard Frank dan timnya dari Network Analysis Corporation. Pengukuran sistem jaringan dilakukan oleh tim pimpinan  Kleinrock di UCLA.

Karena awal dilakukannya pengembangan teori packet switching oleh Kleinrock, dan juga adanya perhatiannya yang serius pada analisis, disain dan pengukuran, maka Network Measurement Center yang dibangun Kleinrock di UCLA terpilih sebagai node[1] pertama projek ARPANET. Ini terjadi dalam bulan September tahun 1969 ketika BBN memasang IMP pertama di UCLA dan host[2] komputer pertama telah tersambung. Proyek Doug Engelbart yang menggarap “Augmentation of Human Intellect” (didalamnya terdapat NLS, sebuah system hypertext pertama) di Stanford Research Institute (SRI) kemudian dikembangkan menjadi node kedua. SRI mendukung  Network Information Center, dipimpin oleh Elizabeth (Jake) Feinler dan berperan sebagai pemelihara tabel mapping nama host ke address sesuai dengan direktori RFC. Sebulan kemudian, pada saat SRI telah tersambung ke ARPANET, pesan pertama dari host ke host telah dikirimkan dari laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua node lainnya segera dibangun di UC Santa Barbara (UCSB) dan University of Utah. Dua node terakhir ini membuat proyek aplikasi visual,  dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB bertugas mencari metoda-metoda untuk menampilkan fungsi-fungsi matematika mempergunakan “storage displays” agar dapat menjawab “problem of refresh” yang terjadi dalam jaringan. Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah bertugas mencari metoda-metoda penampilan 3-D dalam jaringan. Sehingga pada akhir tahun 1969, empat komputer host telah tergabung bersama dalam jaringan awal ARPANET, maka cikal bakal Internet telah lahir.

Semakin banyak komputer yang disambungkan ke ARPANET pada tahun-tahun berikutnya dan tim bekerja melengkapi fungsi Host-to-Host protocol dan software jaringan komputer lainnya. Di bulan Desember tahun 1970, the Network Working Group (NWG) bekerja dibawah pimpinan S. Crocker menyelesaikan inisial ARPANET Host-to-Host protocol, dan disebut Network Control Protocol (NCP). ARPANET secara lengkap mempergunakan NCP selama periode 1971-1972 dan para pengguna jaringan komputer akhirnya dapat mulai melakukan pengembangan aplikasinya.

gambar1-2

Gambar 1.2 Ilustrasi 4 Node Awal ARPANET tahun 1969

Sumber:  http://www.cybergeography.org/atlas/historical.html

Dalam bulan Oktober tahun 1972, Kahn telah mengorganisasikan sebuah demonstrasi besar yang sukses dari proyek ARPANET di International Computer Communication Conference (ICCC). Ini merupakan untuk pertama kalinya ARPANET diperkenalkan ke masyarakat. Dalam demo ini juga diperkenalkan aplikasi awal yang penting (hot aplication) yaitu electronic mail (e-mail). Dalam bulan Maret, Ray Tomlinson dari BBN membuat program penulisan pesan email, pengiriman dan pembaca pesan email pertama. Hal ini dilakukan atas dorongan kebutuhan ARPANET akan sebuah mekanisme koordinasi yang mudah. Dalam bulan July, Roberts mengembangkan utilitinya dengan membuat program email utiliti pertama ke dalam daftar, pemilihan untuk pembacaan file, meneruskan (forward), dan memberikan jawaban (reply) sebuah pesan. Dari penemuan ini maka email merupakan aplikasi yang paling banyak dipergunakan dalam jaringan komputer selama beberapa dekade.

gambar1-3

Gambar 1.3 Peta Jaringan ARPANET September 1971

Sumber: http://www.cybergeography.org/atlas/historical.html


[1] Node: titik simpul dalam sebuah jaringan komputer, bisa merupakan titik akhir atau titik untuk koneksi ke jaringan yang lainnya.

[2] Host: titik akhir dari sebuah jaringan komputer, biasanya merupakan sebuah terminal berupa komputer.