Show Sidebar Log in

Overview Laravel 125150207111031 & 125150207111028

Dibuat Oleh :

Rangga Dinata B (125150207111028)

Ahmad Leo Yudanto (125150207111031)

 

LARAVEL

                Laravel adalah sebuah PHP Framework yang ditulis oleh Taylor Otwell. Laravel dibuat dengan menggunakan fitur-fitur PHP 5.3 dan sintaks yang digunakan sangatlah expressive dengan sintaks yang elegan. Laravel mencoba untuk mengurangi tugas-tugas umum yang digunakan dalam sebagian besar proyek website seperti otentikasi, routing, sessions, dan caching. Laravel bertujuan untuk membuat proses development yang menyenangkan bagi developer tanpa mengorbankan fungsionalitas aplikasi. Laravel juga menyediakan tools canggih yang diperlukan untuk aplikasi besar sehingga menyebabkan PHP Framework ini menjadi kian populer. Laravel di tulis oleh Taylor Otwell pada tahun 2011 hingga sampai tahun 2014 ini Laravel sudah mencapai versi 4.1.27.

TAGLINE The PHP Framework For Web Artisans

SPECIAL FEATURES Laravel memiliki tiga fitur utama yaitu :

–          IoC (Dependency Injection Management)

–          Façade

–          Package (Service Provider)

  1. IoC (Dependency Injection Management)

Salah satu syarat dalam dunia OOP adalah One class one responbility, yang berarti satu class hanya dibuat untuk menghandle satu buah proses.  Jika proses tersebut berhubungan atau membutuhkan sesuatu dari class lainnya, maka ini yang dinamakan dengan class dependencies. Jika tidak cerdas dalam memanage dependency, maka yang menjadi tidak readable. Hal ini ditangani dengan cukup baik pada framework Laravel, yaitu dengan menyediakan fitur IoC atau Inversion of Control yang digunakan memang untuk menangani masalah class dependencies ini. Proses dari IoC yaitu :

–          Closure

–          Automatic

Yang dimaksud dengan Closure adalah mendaftarkan object yang mungkin akan digunakan dalam sebuah class.  Setelah object tersebut didaftarkan di container, maka otomatis object tersebut dapat diakses di manapun dalam sistem Laravel.

Yang dimaksud dengan Automatic adalah ketika menggunakan fitur construct type hint, dimana kita memasukkan parameter yang tipenya adalah object dari class lain di method constructor class yang ingin kita pakai.  Proses ini terdiri dari dua :

–          Via container.

Yang dimaksud di sini adalah, Laravel akan mencari object yang di butuhkan di dalam container object dan jika ada, parameter object akan menggunakan object tersebut.

–          Via reflection class.

Proses kedua ini dilakukan setelah melewati proses pertama. Di proses pertama (Via container), jika Laravel tidak berhasil mencari object dari sebuah class yang dibutuhkan, Laravel akan menggunakan fitur Reflection dari php. Class yang memiliki dependency dengan class lainnya akan dianalisis secara otomatis, jika ternyata class yang dianalisis ini memiliki dependency dengan class lainnya, Laravel akan mencari object dari seluruh object yang terdaftar via autoload composer, dan jika setelah dicari via manual di autoload composer pun tidak ada, maka akan melontarkan error.

  1. Facade

Facade pada Laravel memanfaatkan fitur magic method milik php yaitu _callStatic() untuk mendapatkan object yang dibutuhkan. Proses pada fitur Façade, yaitu :

–          Mendaftarkan object kita via IoC container

–          Membuat class facade milik kita sendiri

–          Mendaftarkan class facade milik kita di app/config/app.php bagian aliases

  1. Package (Service Providers)

Manajemen package di Laravel benar-benar rapi dan teratur, tidak hanya packaging file dan vendor, tetapi sampai ke manajemen objectnya. Yang dimaksud dengan service provider adalah kita dapat mendaftarkan object-object dari package composer yang kita buat, atau mungkin juga dari package yang dibuat untuk semua framework (lintas framework). Keuntungan dengan mendaftarkan object tersebut adalah :

–          Object dari package bisa masuk ke sistem laravel (hooking), yang artinya kita pun bisa memakai fitur-fitur dari laravel di package kita

–          Core extension. Kita bisa mengextend core-core Laravel yang ingin kita rubah atau mungkin tambahi fitur-fitur tertentu.

 

DOWNLOAD, INSTALASI & GET STARTED Laravel memiliki beberapa cara dalam instalasi, disini akan dijelaskan proses installasi dengan menggunakan Composer :

1. Sebelum melakukan instalasi cek apakah ekstensi openssl di php.ini sudah aktif atau belum. jika belum silahkan buka php.ini. cari tulisan ;extension=php_openssl.dll , hilangkan tanda titik koma (;) didepannya lalu simpan perubahan.

phpini

2. Download composer di https://getcomposer.org/download/

download composer

3. Install composer

1 composer

4. Arahkan ke lokasi php

2 composer

5. Setelah proses instalasi selesai, buka command promp dan pindah ke direktori htdocs.

1 cmd

6. Untuk instalasi Laravel versi terbaru ketikan perintah :

composer create-project laravel/laravel nama-project –prefer-dist      

nama-project dapat diganti sesuai dengan project kita. Untuk membuat project baru cukup lakukan langkah 5 dan 6                saja.

2 cmd

7. Setelah proses installasi selesai ketikkan http://localhost/nama-project/server.php/ atau http://localhost/nama-project/public/ pada URL web browser akan muncul halaman seperti berikut yang menunjukan proses installasi sukses.

get starter  

 CONTOH WEB DIBUAT DENGAN FRAMEWORK LARAVEL

Laravel Forum

http://forumsarchive.laravel.io/      

  web  

  REFERENSI :

http://laravel.com/

http://catatanbelajar.com/2013/11/cara-instalasi-laravel-windows-linux-ubuntu/

http://tulisanhiraq.net/pengalaman-baru-dengan-framework-php-laravel-4-x/

http://media-positive.com/tutorial/komputer/programming/laravel-programming/cara-install-laravel-4-di-windows.html

Tags: Article, Tugas

Discussion (0)

There are no comments for this doc yet.

Comment posting has been disabled on this doc.