• 10877829_10200214051070107_696202727_n
    Banyak orang sering lupa mengenai perkara utang piutang. Padahal perkara tersebut termasuk perkara yang sangat penting. Kebanyakan orang mencatat tagihan hutang secara manual dengan menggunakan buku sehingga akan terasa sangat merepotkan. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang telah memiliki smartphone, memberikan ide kepada kami untuk mengubah cara manual yang dilakukan sebelumnya menjadi cara yang modern. Aplikasi yang akan kami buat adalah DebtLine.
    DebtLine adalah sebuah aplikasi berbasis android yang ditujukan untuk membantu urusan utang piutang yang meliputi jumlah, debitur dan kreditur, serta pemberitahuan dan notifikasi tentang batas waktu pembayarannya. Debtline memiliki beberapa fitur dengan fitur utama sebagai pengingat atau reminder tentang batas waktu pembayaran hutang maupun piutang. Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi. Fitur pertama yaitu DebtList yang berfungsi untuk memberikan informasi daftar hutang orang lain kepada kita dan hutang kita kepada orang lain. Fitur kedua yaitu DebtAlert yang berfungsi untuk memberikan notifikasi atau pengingat jika waktu pembayaran hutang atau piutang telah berakhir. Fitur ketiga adalah YourDebtTotal yang berfungsi untuk menjumlahkan keseluruhan hutang sesuai kategori, hutang kita kepada orang lain atau hutang orang lain kepada kita. Dan fitur keempat adalah menampilkan riwayat daftar hutang dan piutang yang telah diselesaikan. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan seperti memudahkan pencatatan jumlah hutang dan piutang termasuk detail kepada siapa dan waktu pembayarannya.
    Berikut adalah Sceenshot aplikasi:
    1. Halaman Awal
    Screenshot_2015-01-15-00-46-13
    2. Halaman Pengisian Data
    Screenshot_2015-01-15-00-47-52
    3. Halaman Daftar Data Hutang
    Screenshot_2015-01-15-00-51-17
    4. Halaman Detail Data Hutang
    Screenshot_2015-01-15-00-51-50
    5. Halaman Total Hutang dan Piutang
    Screenshot_2015-01-15-00-51-50
    6. Halaman Pemberitahuan
    Screenshot_2015-01-15-00-49-47
    7. Halaman About
    Screenshot_2015-01-15-01-08-21
    Aplikasi DebtLine ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam pengerjaan project ini, anggota kelompok kami yang berjumlah empat orang mempunyai peranan masing-masing. Untuk mengode program atau programmer dilakukan oleh Umam dan Yanuardi. Untuk design interface, logo, dokumentasi dilakukan oleh Yanitra dan Indra.
    Kelompok 4 Kelas C

    Yanitra Dwi Luthansyah (115090607111007)

    Muhammad Sa’idul Umam (115090607111009)

    Indrahidayati Nur Rohmah (115090607111013)

    Yanuardi Firmansyah (125150107111014)

  • ThumbnailTanpa basa-basi, langsung saja, berikut adalah langkah-langkah pembuatannya.

    Langkah pertama, buat tema dari web app dengan cara buka website “themeroller.jquerymobile.com” atur tampilan sesuai selera […]

  • Assalamuallaikum semua, hari ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat aplikasi multimedia. Aplikasi multimedia yang akan dibuat melingkupi penggunaan kamera, perekam suara, dan pemutar video. Baiklah tanpa panjang lebar kita mulai. Bismillah.
    Langkah pertama, buatlah project aplikasi android dengan cara klik menu File -> New -> Android Application Project. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
    Capture
    Beri nama projek sesuka kalian dan atur kebutuhan hardware dari projek kalian, kalau aturan kebutuhan hardware untuk projek saya seperti pada gambar diatas. Jika suda selesai, klik Next dan Next sampai pada inputan Activity Name dan Layout Name, untuk Activity Name saya beri nama “MultimediaActivity” sedangkan Layout Name saya beri nama “multimedia”, lalu klik Finish.
    Langkah kedua, pada “multivedia.xml”, buat tampilan tiga tombol yaitu tombol Video, Kamera dan Rekaman. Untuk source code tampilan “multimedia.xml” adalah sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture5
    Dan untuk aksi dari tombol-tombol yang telah dibuat dapat dimasukkan pada “MultimediaActivity.java”. Pada file “MultimediaActivity.java” ketiga tombol tersebut diberi fungsi “Intent” yaitu fungi untuk memanggil halaman/file lain. Tombol Video akan memanggil halaman/file “DaftarVideoActivity.java”, tombol Kamera akan memanggil halaman/file “KameraActivity.java” dan tombol Rekaman akan memanggil halaman/file “RekamanActivity.java”. Untuk lebih jelasnya berkut adalah sourcode untuk file “MultimediaActivity.java”. (Source code dapat di download disini).
    Capture4
    Langkah ketiga, buatlah emulator dengan memberikan ruang pada Internal Storage dan SD Card supaya file video atau music dapat dimasukkan ke emulator untuk uji coba. Saya memberikan ruang penyimpanan sebanyak 4GB pada Internal Storage dan SD Card. Berikut tampilan emulator.
    Capture2
    Untuk langkah-langkah memasukkan file video dan music ke dalam sdcard emulator adalah klik menu Window -> Show View -> Other -> pilih Folder Android -> klik dua kali pada File Explorer. Setelah File Explorer terbuka, klik pada folder mnt -> sdcard, lalu klik pada gambar “Handphone dengan arah panah” sebagai berikut.
    Capture3
    Dan pilih file video dan music yang diinginkan, maka secara otomatis file akan terunggah pada emulator.
    Langkah keempat, buat file “daftarvideo.xml” untuk tampilan yang memuat daftar video dan music yang diambil dari sdcard emulator (atau memory internal pada smartphone android). Source code file “daftarvideo.xml” adalah sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture6
    Lalu buat file “DaftarVideoActivity.java” untuk membuat fungsi menampilkan file video dan music dari sdcard emulator. Source code file “DaftarVideoActivity.java” adalah sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture7
    Pada method OnCreate() dilakukan proses menampilkan file video dan music yang telah diperoleh. Dengan atribut listView tampilan pada file “daftarvideo.xml” akan terisi dengan daftar file video dan music. Dan pada atribut listView ini pula dilakukan proses “Intent” atau pemanggilan halaman/file “VideoActivity.java”. Pada pemanggilan halaman/file “VideoActivity.java” dikirimkan pula letak file video dan music yang dipilih dalam bentuk variabel “tempat”.
    Sedangkan method getVideo(), dilakukan proses pengambilan letak dari  file video dan music pada sdcard emulator. Pada method ini pula dilakukan proses filtering file yaitu hanya mengambil file-file yang memiliki format file sesuai dengan yang telah ditentukan.
    Langkah keenam, membuat file “video.xml” untuk tampilan pemutaran video atau music yang telah dipilh. Pada file ini hanya memiliki atribut VideoView. Source code tampilan pada file ”video.xml” adalah sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture8
    Lalu membuat file “VideoActivity.java” untuk memutar file video atau music yang dipilih pada file “video.xml”. Untuk source code file “VideoActivity.java” adalah sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture10
    Pada source code file “VideoActivity.java” dapat dilihat bahwa file ini menerima data tempat file video atau music yang dikirimkan dari file “DaftarVideoActivity.java” melalui fungsi “Intent”. Dan menampung data yang telah diterima tersebut pada variabel “tempat”. Kemudian memutar video atau music melalui atribut “videoView”.
    Langkah ketujuh, membuat file “kamera.xml” untuk tampilan saat menggunakan kamera. File ini hanya memiliki atribut “textView”, “Button” untuk mengaktifkan kamera smartphone dan “ImageView” untuk menampilkan hasil foto. Sourse code tampilan “kamera.xml” sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture9
    Kemudian membuat file “KameraActivity.java” untuk membuat fungsi mengaktifkan kamera smartphone dan menyimpan hasil foto. Berikut adalah source code file “KameraActivity.java”. (Source code dapat di download disini).
    Capture11
    Dapat dilihat pada source code “KameraActivity.java”, proses mengaktifkan kamera smartphone, proses menyimpan hasil foto dan menampilkannya, semua berada pada satu method yaitu fungsi “ambilFoto()”. Dengan menggunakan fungsi “Intent” yang memanggil “android.media.action.IMAGE_CAPTURE”, maka kamera smartphone akan aktif. Hasil foto akan disimpan pada sdcard emulator (atau pada memory internal smartphone) dengan nama “hasilFoto.jpg”. Hasil foto juga ditampilkan pada atribut ImageView.
    Langkah kedelapan, membuat file “rekam.xml” untuk tampilan dari perekam suara. Pada tampilan perekam suara terdapat text view untuk keterangan dan empat tombol yaitu “Mulai Rekam”, “Stop Rekam”, “Putar” dan “Stop”. Untuk souce code tampilan perekam suara adalah sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture12
    Capture13
    Lalu membuat file “RekamanActivity.java” untuk memberikan aksi dari keempat tombol tersebut. Berkut adalah source code dari “rekamanActivity.java”. (Source code dapat di download disini).
    Capture14
    Capture15
    Capture16
    Capture17
    Tombol “Mulai Rekam” akan memanggil method “startRekam()”, mengganti isi textView menjadi “Sedang Merekam…”, mengaktifkan tombol “Stop Rekam” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startRekam()” berfungsi untuk melakukan proses rekaman. Dangan menggunakan “MediaRecorder”, method ini menggunakan AudioSource yaitu MIC, OutputFormat (format file hasil rekaman) yaitu 3GPP, AudioEncoder yaitu AMR_NB dan OutputFile (tempat hasil rekaman) yaitu sdcard emulator.
    Tombol “Stop Rekam” akan memanggil method “stopRekam()”, mengganti isi textView menjadi kosong, mengaktifkan tombol “Star Rekam” & “Putar” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startRekam()” berfungsi untuk menghentikan proses rekaman.
    Tombol “Putar” akan memanggil method “startHasil()”, mengganti isi textView menjadi “Sedang Memutar…”, mengaktifkan tombol “Stop” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startHasil()” berfungsi untuk memutar hasil rekaman dengan menggunakan “MediaPlayer”.
    Tombol “Stop” akan memanggil method “stopHasil()”, mengganti isi textView menjadi kosong, mengaktifkan tombol “Star Rekam” & “Putar” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startRekam()” berfungsi untuk menghentikan proses pemutaran hasil rekaman.
    Langkah kesembilan, rubah “AndroidManifest.xml” sebagai berikut. (Source code dapat di download disini).
    Capture18
    Capture19
    Untuk hasil dari aplikasi yang sudah berhasil adalah sebagai berikut.
    Tampilan Home
    Screenshot_2014-11-02-00-12-47
    Tampilan jika tombol Video diklik maka muncul Daftar Video
    Screenshot_2014-11-02-00-16-10
    Tampilan jika salah satu file video dipilih (misal memilih Nokia.mp4)
    Screenshot_2014-11-02-00-16-17
    Tampilan jika tombol Kamera
    Screenshot_2014-11-02-00-19-04
    Tampilan jika tombol Ambil Foto diklik maka akan mengaktifkan kamera 
    Screenshot_2014-11-02-00-06-11
    Tampilan saat selesai mengambil foto
    Screenshot_2014-11-02-00-12-02
    Tampilan jika tombol Rekaman diklik
    Screenshot_2014-11-02-00-17-26
    Tampilan saat tombol Mulai Rekam diklik
    Screenshot_2014-11-02-00-17-36
    Tampilan saat tombol Stop Rekam diklik
    Screenshot_2014-11-02-00-18-04
    Tampilan saat tombol Putar diklik
    Screenshot_2014-11-02-00-17-46
    Tampilan saat tombol Stop diklik
    Screenshot_2014-11-02-00-18-04
    Sumber
    class.coursera.org/android-001/lecture
    youtube.com/watch?v=Eet-QdVcrpw
    youtube.com/watch?v=DSkEBdquEfc
    youtube.com/watch?v=B51y6hzy4oQ
    youtube.com/watch?v=6eQTJEjMfqw
    youtube.com/watch?v=k-3zXb7GteU
    mkyong.com/android/android-imageview-example/

  • Muhammad Sa'idul Umam became a registered member 2 years, 11 months ago